Selamat! Abdikan Diri di Pesantren Nuris, Kini Raih Gelar Sarjana Pertanian

Terinspirasi Dari Kajian Fikih Tentang Halal dan Haram, Ambil Judul Deteksi Daging Sapi dan Babi

Pesantren Nuris- Kabar bahagia datang dari alumni SMA Nuris Jember, lulusan tahun 2019 yang baru saja menyelesaikan tugas akhir kuliahnya, dan diwisuda pada tanggal 19 Mei 2024 lalu. Ia adalah Uswatun Hasanah.

Gadis manis kelahiran Jember, 2 Juni 2001 ini merupakan mahasiswa jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Jember. Ia mengambil judul skripsi “⁠Deteksi cepat aroma daging sapi dan babi menggunakan electronic nose sensor mq 8 dan mq 135” ia mengaku mengambil jurusan tersebut karena berharap penelitiannya tidak hanya bermanfaat bagi dirinya sendiri melainkan untuk oranglain juga.
“Alasan saya mengambil judul tersebut yaitu yang pertama, agar apa yang saya teliti dapat bermanfaat untuk orang banyak, melihat dari adanya kecurangan yang kadang terjadi di pasaran terutama menjelang hari-hari besar islam dimana pedagang mencampur daging sapi dengan daging babi, yang notabene haram dikonsumsi orang Islam,” tuturnya.

Ia melakukan penelitiannya di laboratorium kimia dan biokimia hasil pertanian, fakultas teknologi pertanian, Universitas Jember.
Dengan keberhasilannya dalam sidang skripsi dan dinyatakan lulus, Ucha mengaku sangat bersyukur. “Alhamdulillah, bersyukur dan senang bisa sampai pada titik ini, dan ⁠harapan saya kedepannya, untuk penelitian saya dapat bermanfaat untuk banyak org dan untuk saya sendiri semoga bisa terus mengembangkan diri, sukses kedepannya,” ungkapnya. Sembari kuliah, ternyata ia juga mengabdi di Pesantren Nuris Jember. Ia juga aktif membantu di pesantren dan menjabat sebagai ketua wilayah dan waka kesiswaan diniyah.
“Untuk kuliah dan tugas-tugasnya biasa saya kerjakan siang hari atau dicicil dari jauh-jauh hari sebelum deadline, untuk kegiatan atau tugas pondok saya kerjakan di waktu malam setelah jam diniyah,” ungkapnya ketika ditanya caranya mengatur waktu antara kuliah dan mengabdi. Selamat ya atas kelulusannya, semoga ilmunya barokah dan bermanfaat amin. [Red.Dev]

Nama: Uswatun Hasanah
TTL: Jember 2 Juni 2001
Alamat: Kalisat, Jember
Lembaga: SMA Nuris Jember, 2019
Kuliah: Teknologi Hasil Pertanian/Fakultas Teknologi Pertanian/Universitas Jember, 2024

sumber : pesantrennuris.net

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil