Geliat Literasi Nuris, Guru SMA Nuris Jember Jadi Pemateri Bedah Buku Karya Santri

Tingkatkan Minat Baca Melalui Bedah Buku Karya Alumni Pesantren Nuris Jember

Pesantren Nuris- Sabtu, 04 Mei 2024, Tim Literasi Yayasan Pesantren Nurul Islam Jember menggelar Bedah Buku dengan tajuk Budaya Berliterasi, Budaya Generasi Emas Masa Kini di Aula Pesantren Nuris Jember. Ibnu Wicaksono, S.S., selaku Guru Bahasa Indonesia di SMA Nuris Jember diundang sebagai pemateri dalam Bedah 2 Buku karya santri, yaitu Buku Antologi Puisi berjudul "Sebilah Narasi di Sebalik Puisi" karya Iffah Nurul Hidayah dan Buku Antologi Puisi berjudul "Permisi Pembaca, Selamat Menunaikan Ibadah Puisi" karya Latifatul Fitriyah. 

Pemateri yang telah menerbitkan dua buku karya sastra tersebut menyimpulkan ada tiga kecenderungan tema pada buku-buku yang dibedah. Puisi-Puisi Iffah Nurul Hidayah cenderung membahas tentang Lokalitas, Narasi, dan Internal, sedangkan Puisi-Puisi Alya Latifatul cenderung berisi tentang Komedi Getir, Kritik Sosial, dan Kekuatan Rima.

Secara keseluruhan, Iffah Nurul kuat dalam tema lokalitas dan berani dalam eksplorasi benda-benda. Selain itu, puisinya beragam dari imaji sederhana sampai kedalaman makna, dan sedikit permainan rima. Alya Latifatul seperti menyuguhkan sebait rujak dan sepiring sajak. Kita diajak berbuka puisi. Puisi-Puisi Alya adalah puisi-puisi komikal, tetapi tetap berisi pesan yang dalam bahkan kritis. Kekuatan rima dan unsur komedis menjadi senjata.

Selain membedah dua buku tersebut, Pemateri yang acap disapa Pak Ibnu tersebut juga menjelaskan beberapa tips dalam menulis, seperti tahapan penciptaan karya, pencarian ide, jenis-jenis karya sastra, tips menarik menulis fiksi, sampai bagaimana mempublikasikan karya fiksi.

Acara bedah buku yang mendatangkan sekitar 50 lebih peserta tersebut tampak semakin antusias, lantaran lebih dari 7 peserta bertanya, berpendapat, dan berdiskusi. Ini menjadi bukti bahwa literasi di Pesantren Nuris semakin luar biasa bergelora. 


Para Pemateri Berfoto Bersama Setelah Acara

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil