Tuntaskan Pendidikan Magister, Alumni SMA Nuris Jember Raih Beasiswa S1 dan S2 di ITS Surabaya

Ayu Mia Rosita: Jangan Takut Bermimpi, Asal Kalian Selalu Dekat dengan Allah dan Orangtua

Pesantren Nuris– Selamat dan sukses atas gelar magister yang berhasil diraih oleh salah satu alumni jenius SMA Nuris Jember. Apresiasi yang tinggi dan rasa bangga patut diucapkan, pada alumni lulusan tahun 2018 ini.

Siapa lagi, ia adalah Ayu Mia Rosita, gadis manis asal Mayang Jember ini baru saja resmi menyandang gelar magister sains, setelah menyelesaikan sidang tesis tanggal pada tanggal 7 Februari 2024 lalu.

Gadis yang akrab dipanggil Ayu ini mengambil judul “Peningkatan Fotodegradasi Fotokatalis TiO2 yang Dideposisi pada Substrat Konduktif untuk Degradasi Polutan Metilen Biru”
“Sebenarnya topik penelitian tesis ini melanjutkan penelitian ketika S1 yaitu mengenai Fotokatalis yang mempercepat proses Fotokatalisis untuk mengurangi konsentrasi limbah metilen biru, di mana limbah metilen biru ini banyak dihasilkan oleh pabrik tekstil yang keberadaannya cukup berbahaya untuk lingkungan sekitar. Kemudian dalam proses penelitian tesis ini, terpikir untuk menggunakan medium yang bersifat konduktif sebagai pemerlambat proses rekomendasi elektron, jadi secara sederhana dengan adanya medium konduktif proses fotokatalisisnya berjalan lebih cepat, sehingga pengurangan konsentrasi juga lebih cepat terjadi,” tuturnya, ketika ditanya alasan ia mengambil judul tersebut untuk penelitian S2 nya.

Ayu memang salah satu alumni Pesantren Nuris Jember yang sangat berbakat dan semangat dalam belajar, terbukti ia berhasil meraih beasiswa bidik misi pada kuliah S1 nya yang juga ia tempuh di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, (ITS) Surabaya. Dan ia juga berhasil meraih beasiswa fresh graduate untuk pendidikan S2 nya.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur dan merasa sangat lega,  karena bisa melewati fase ini, dan sekarang berada di titik ini.  Saya berharap dengan selesainya studi magister ini, bisa lebih menambah kebermanfaatan saya terhadap orang sekitar saya,” ungkapnya.

Untuk saat ini Ayu mengaku ingin fokus pada karirnya terlebih dahulu, baru kemudian ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
“Sebenarnya ada keinginan untuk lanjut S3, kemarin sempat apply juga. namun sepertinya ingin di tahun-tahun berikutnya untuk lanjut S3 nya,” ungkapnya.

Tak hanya itu, ia juga memberikan sedikit pesan kepada adik-adik santri Pesantren Nuris Jember.
“Wah sepertinya saya belum pantas untuk memberikan wejangan kepada adik-adik agar seperti saya, karena saya juga belum sepenuhnya mencapai semuanya, tapi kalau boleh bilang, jangan sampai mimpi kalian terhalang oleh ketakutan kalian sendiri, kalau kalian ingin mencapai sesuatu, yakin saja semua akan ada jalan. Yang penting jangan jauh-jauh dari Allah dan orang tua, InsyaAllah semua dipermudah,” tuturnya. Sekali lagi selamat untuk Ayu atas wisuda magisternya, semoga sukses selalu kedepannya, amin. [Red.Dev]

Nama: Ayu Mia Rosita
TTL: Jember, 4 Juli 2000
Alamat: Sidomukti, Mayang, Jember
Lembaga: SMA Nuris Jember, 2018
Kuliah: S1 Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 2022
S2 Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 2024

Ayu berfoto dengan kedua orangtuanya usai wisuda

*tulisan ini merupakan rilis ulang dari pesantrennuris.net

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil