Ambil Jurusan Pendidikan Geografi, Alumni Ini Juga Aktif Berorganisasi

29 Juli 2021 Ibnu Dibaca 65 kali Kolom Alumni Alumni SMA Nuris Jember
Ambil Jurusan Pendidikan Geografi, Alumni Ini Juga Aktif Berorganisasi

Pesantren Nuris– Alumni Nuris yang satu ini merupakan salah satu alumni yang cukuo aktif di berbagai kegiatan organisasi sejak SMA, ia adalah Fahrizal Maulana. Lelaki yang akrab dipanggil Fahrizal ini merupakan alumni  SMA Nuris Jember, jurusan IPS lulusan tahun 2020.

Ketika duduk di bangku SMA ia pernah aktif menjadi pengurus M Sains (Madrasah Sains Nuris Jember), dan beberapa ekstrakurikuler lainnya seperti Tilawah, Broadcasting, olimpiade geografi, dan olimpiade ekonomi.

Setelah lulus dari SMA Nuris Jember, ia kemudian melanjutkan kuliah di jurusan pendidikan geografi, Universitas Jember  melalui jalur SNMPTN, ia mengaku mengambil jurusan ini karena ingin memperdalam ilmu geografi, yang memang sejak SMA ia minati. Saat ini ia melaksanakan kuliah dengan daring karena masih dalam pademi covid 19.

“Menurut saya pembelajaran sistem daring seperti ini kurang efektif, karena kegiatan belajarnya dan praktik terbatas dan juga masih dibatasi dengan kegiatan rumah tangga. Saya berharap semoga untuk kedepannya agar bisa kuliah offline atau luring agar bisa lebih aktif dengan dosen kampus,” ungkapnya.

Lelaki kelahiran Jember, 2 Mei 2001 ini selain aktif sebagai mahasiswa ia juga aktif dalam berbagai kegiatan organisasi di kampusnya, daintaranya Paranada FKIP yakni sebuah organisasi paduan suara tingkat fakultas, Unit Kelembagaan Mahasiswa Kerohanian Islam Lembaga Dakwah Kampus (UKMKI LDK) atau semacam organisasi islam yang berada di naungan universitas, biasanya mengadakan kegiatan kerohanian, Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM FKIP) atau organisasi yang membawahi BEM, jika di SMA bisa disebut MPK, di sini ia menjabat sebagai Komisi 4 Relasi dan Media.

Ia mengaku harus pandai-pandai mengatur waktunya, antara kuliah dan organisasi. Namun selama ini ia bahagia dapat menjalankan keduanya. “Alhamdulillah selama ini saya bisa menatur waktu dengan baik, untuk BPM sendiri itu rapatnya 1 minggu sekali tapi nggak tentu harinya, kalau LDK jarang ada kegiatan karena masih dalam pandemi ini, untuk paduan suara itu hari minggu malam kita latihan bersama,” ungkapnya.

“Ikut organisasi itu seru, banyak yang saya dapat dari paranada sendiri itu bisa latihan pernafasan dan belajar tangga nada. Kalau di BPM diajarkan bagaimana mengatur undang-undang kampus dan juga mengawasi kegiatan BEM, selain itu di organisasi kita juga belajar mengenal komunitas, oranglain, belajar bekerjasama dengan tim,” lanjutnya.

Tak hanya itu, ia juga menambahkan kesan dan pesan selama pernah tinggal di Pesantren Nuris Jember. “Jadi santri itu luar biasa, solidaritas antar santri sangat erat. Pesan saya untuk adik-adik di Nuris belajarlah untuk mempersiapkan diri ke jenjang pendidikan selanjutnya, nikmatilah kehidupan di pesantren karena itu nantinya akan kalian rindukan,” ungkapnya. Mengakhiri. [Red.Dev]

Nama: Fahrizal Maulana
Alamat: Jln. Kenitu Puger Kulon, Puger , kulonJember , Jawa timur
Tempat, tanggal lahir: Jember, 2 Mei 2001
Lembaga: SMA Nuris Jember, IPS 2020
Kuliah: Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.

Sumber:https://pesantrennuris.net/2021/07/19/ambil-jurusan-pendidikan-geografi-alumni-ini-juga-aktif-berorganisasi/

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil