Alumni Nuris, Sandang Sarjana Ekonomi dan Lulus Cepat dengan IPK Cumlaude

25 Juli 2021 Ibnu Dibaca 60 kali Kolom Alumni ALUMNI SMA NURIS JEMBER
Alumni Nuris, Sandang Sarjana Ekonomi dan Lulus Cepat dengan IPK Cumlaude

Meski Gagal Jadi Mahasiswa Hukum, Alumni Nuris Ini Sukses Sandang  Sarjana Ekonomi

Pesantren Nuris- Alumni Nuris yang satu ini merupakan alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2015. Ia baru saja resmi menyandang sarjana ekonomi. Yuk kita kepoin profilnya.

Fian Anggraeni lahir di Jember tanggal 26 Juli 1997, setelah lulus dari SMA Nuris Jember ia bertekat untuk melanjutkan studinya. Berbagai jalur untuk lolos ke Universitas Jember ia coba. Tanpa menyerah, awalnya ia sangat mengidam-idamkan untuk masuk ke fakultas hukum, namun ternyata Allah berkehendak lain, ia lolos di fakultas ekonomi.

“Saya lolos di jalur masuk SBMPTN. Awalnya saya berkeinginan masuk di fakultas hukum. Keinginan itu sudah tertanam dari awal masuk SMA karena saya sangat menyukai pelajaran yang berbasis nalar dari pada pelajaran berbasis hitungan. Namun ternyata Allah berkehendak lain, Allah tahu yang terbaik buat saya, saya lolos di pilihan kedua yakni manajemen ekonomi,” ungkapnya

Sesungguhnya tidak mudah menerima suatu kegagalan, dan sesuatu yang diinginkan tidak terwujud. Namun, Fian (panggilan akrab Fian Anggraeni) menyadari bahwa Allah lebih tahu yang terbaik untuk hamba-hambanya. Allah lebih tahu apa kita butuhkan dari pada apa yang kita inginkan. Ia pun berusaha menerima dengan lapang dada dan berusaha menjalaninya dengan sungguh-sungguh.

“Setelah masuk di fakultas ekonomi jurusan manajemen ekonomi, ternyata banyak hal yang membuat saya nyaman di sini. Belajar manajemen membuat saya menjadi pribadi yang lebih teratur dan disiplin. Karena di dalam ilmu tersebut saya diajari bagaimana mengatur segala sesuatu dengan baik sebagai contoh memanajemen waktu, keuangan bahkan tenaga dengan baik,” ungkapnya.

Semasa kuliah Fian aktif di organisasi KSKM (Kelompok studi kewirausahaan muda) yaitu organisasi di bawah  naungan FE Unej yang melakukan banyak kegiatan kewirausahaan. Di dalam organisasi tersebut terdapat 3 divisi yaitu divisi kuliner, divisi fashion dan divisi agrikultur.

Salah satu kegiatan KSKM ialah membuat macam produk kemudian memasarkannya. Di samping itu KSKM juga banyak melakukan kegiatan sosial seperti kunjungan ke panti asuhan dan panti jompo.

Dengan adanya kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti itu semakin membuatnya senang, bersyukur dan juga move on dari keinginannya menjadi sarjana hukum.

Dalam skripsinya Fian memilih judul “Pengaruh Religiusitas dan Harga Terhadap Shop Switching Behaviour dari Toko Basmalah Sidogiri Cabang Jember” yakni tentang perpindahan pembelian yang dilakukan oleh konsumen, dari toko retail modern ke toko Basmalah, sehingga toko tersebut juga ngetren dikalangan masyarakat luas sama seperti Indomart/Alfamart.

Faktor lain yang mempengaruhi adalah harga lebih murah dan pengaruh religiusitas yang kuat, terlihat dari namanya Basmalah dan juga berbasis pesantren. Karena pada dasarnya masyarakat Islam di Indonesia khususnya di Jember, mereka akan merasa lebih baik membeli di toko yang berbasis Islam. Mereka berpikir akan mendapat barokah kyai jika dapat membeli di toko milik pesantren, dari pada toko retail yang lain.

Selain itu secara tidak langsung Fian juga belajar tentang manajemen toko Basmalah yang tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Jember. Hal tersebut sangat membuatnya terinspirasi, dan belajar tentang bagaimana memanajemen sebuah usaha, dan membesarkannya hingga memiliki banyak cabang.

Hal tersebut membuat anak pertama dari dua bersaudara ini berhasil meraih IPK cumlaude yakni 3,61, dengan lama studi 3 tahun 11 bulan 5 hari. Wisuda digelar pada 19 Oktober 2019 lalu, dan dihadiri oleh keluarga serta teman-teman tercintanya.

“Harapan ke depan saya, yang pasti ingin menjadi pribadi yang lebih baik dan mencapai segala sesuatu yang sudah saya tergetkan sebelumnya,” ujarnya. [Red.Dev]

Berfoto bersama keluarga di acara wisuda

Biodata

Nama                                      : Fian Anggraeni
Tempat, tanggal lahir        : Jember, 26 Juli 1997
Alumni                                   : SMA Nuris Jember 2015
Kuliah                                    : Fakultas Ekonomi Universitas Jember, Jurusan Manajemen ekonomi

SUMBER: https://pesantrennuris.net/2020/03/09/alumni-nuris-sandang-sarjana-ekonomi-dan-lulus-cepat-dengan-ipk-cumlaude/

Share :

Komentar

Refresh halaman ini jika komentar tidak tampil